Toko online sekarang mulai banyak dilirik
sebab potensi penghasilan yang lumayan menggiurkan.
Apabila dikelola dengan baik,
toko online bisa menjadi bisnis yang sangat berhasil.
Tetapi pasti saja tak sedikit pula yang gagal.
Setiap usaha perlu kerja keras dan komitmen dalam menjalankannya.
Cukup banyak faktor yang menjadikan toko nline berhasil atau tidaknya, salah satunya merupakan promosi.
Promosi yang sesuai dan terarah dapat mendatangkan banyak sekali pengunjung ke toko online kita.
Berikut ini beberapa ide
cara promosi toko online yang bisa kita terapkan, diantaranya:
1. Facebook Ads
Promosi berbayar di Facebook Ads
sangat disarankan sebab memang manjur.
Keuntungan memakai Facebook Ads krn mudah dijalankan,
mudah dalam pengaturan budget,
bisa mengatur jadwal iklan dan bisa menentukan sasaran market yang spesifik.
Maka apabila ingin memperoleh lebih banyak lagi pengunjung
dan menkonversi penjualan, pertimbangkanlah memakai Facebook Ads.
2. Google Adwords
Dengan memakai layanan iklan di Google Adwords
kita bisa menempatkan iklan di hasil pencarian Google.
Model iklan ini bisa sangat tertarget
sebab didasarkan pada keywords/kata kunci yang orang gunakan dlm penelusuran Google.
Kita hanya membayar untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung.
Hal inilah yg membuat Google Adwords sangat menguntugkan dari sisi biaya.
3. Bing ads
Bing Ads semacam Adwords, tetapi ini ditawarkan oleh Bing
dan iklan bakal muncul dalam pencarian di situs Bing dan Yahoo serta
website lain yang mengikuti program mereka.
Bing Ads tak sehebat Google Adwords tetapi ini tetap bisa jadi bahan pertimbangan.
4. Newsletter dan Email Marketing
Pernahkah menjumpai situs / landing page
yang mengundang kita untuk memasukkan alamat email?
Data email yang masuk itulah yang menjadi list building.
List building berguna bagi pemilik situs untuk mengirimkan newsletter
dan email marketing yang berupa penawaran, promosi produk terakhir, survei pelanggan, dll.
Semakin banyak list building kita, itu berarti dapat memperbesar kesempatan
mengubah pengunjung menjadi pembeli sehingga menignkatkan penjualan.
5. Mobile App
Marketing mobile sedang meningkat dan hal ini bisa menjadi alternatif.
Mempunyai situs yang user friendly kepada pengguna mobile merupakan suatu keharusan.
Apabila dilakukan dgn benar Mobile App merupakan salah satu cara utk mengingkatkan brand awareness.
6. Blog
Beberapa cara romosi diatas adalah berbayar,
apabila kita ingin 'tanpa berbayar' maka kita bisa mencoba dgn blog gratisan.
Tapi, Dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk promosi melalui blog.
Kita bisa membikin blog yang khusus mengulas postingan-postingan produk yang dijual,
blog ini hanya diperuntukan untuk review produk.
serta segala sesuatu yang berkaitan dengan info detail produk-produk yg ada.
7. Market Place
Tidak sedikit situs-situs market place yang bisa kita gunakan untuk media promosi dengan cara online,
selain gratis market place bisa menambah pengunjung toko online dan bisa menambah transaksi penjualan.
Contoh market place : Tokopedia, kaskus FJB (Forum Jual Beli), olx.co.id , bukalapak.com, dll.
8. Social Media
Selain Facebook ada jaringan sosial lain yg besar untuk mempromosikan toko online.
Yang terpenting dan patut dicoba diantaranya: Twitter, Pinterest, Instagram, Google+ dan LinkedIn.
Media sosial menjadi tren dan mulai banyak dipakai oleh beberapa kalangan,
ketenaran media sosial bisa digunkan sebagai sarana promosi toko online kita.
Untuk menghemat biaya promosi bisa dilakukan dengan cara gratisan.
Misalnya:
Membikin fanpage,
Sering update status mengenai produk yang dijual,
Bagikan testimoni pengguna produk,
Mengajak kawan-kawan untuk Artikel yg bermanfaat,
Bagikan juga video yg menarik, dll.
Ternyata,
Banyak sekali cara yg bisa dilakukan untuk memperkenalkan
produk kita kepada para calon pembeli terlebih kepada target market.
Tapi, kalau dilakukan semuanya
pasti butuh tenaga, biaya & waktu yang cukup banyak.
Oleh karena itu, Pilihlah media dimana target market banyak berkumpul.
Lalu Optimalkan dengan cara yg berbayar.
sebab potensi penghasilan yang lumayan menggiurkan.
Apabila dikelola dengan baik,
toko online bisa menjadi bisnis yang sangat berhasil.
Tetapi pasti saja tak sedikit pula yang gagal.
Setiap usaha perlu kerja keras dan komitmen dalam menjalankannya.
Cukup banyak faktor yang menjadikan toko nline berhasil atau tidaknya, salah satunya merupakan promosi.
Promosi yang sesuai dan terarah dapat mendatangkan banyak sekali pengunjung ke toko online kita.
Berikut ini beberapa ide
cara promosi toko online yang bisa kita terapkan, diantaranya:
1. Facebook Ads
Promosi berbayar di Facebook Ads
sangat disarankan sebab memang manjur.
Keuntungan memakai Facebook Ads krn mudah dijalankan,
mudah dalam pengaturan budget,
bisa mengatur jadwal iklan dan bisa menentukan sasaran market yang spesifik.
Maka apabila ingin memperoleh lebih banyak lagi pengunjung
dan menkonversi penjualan, pertimbangkanlah memakai Facebook Ads.
2. Google Adwords
Dengan memakai layanan iklan di Google Adwords
kita bisa menempatkan iklan di hasil pencarian Google.
Model iklan ini bisa sangat tertarget
sebab didasarkan pada keywords/kata kunci yang orang gunakan dlm penelusuran Google.
Kita hanya membayar untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung.
Hal inilah yg membuat Google Adwords sangat menguntugkan dari sisi biaya.
3. Bing ads
Bing Ads semacam Adwords, tetapi ini ditawarkan oleh Bing
dan iklan bakal muncul dalam pencarian di situs Bing dan Yahoo serta
website lain yang mengikuti program mereka.
Bing Ads tak sehebat Google Adwords tetapi ini tetap bisa jadi bahan pertimbangan.
4. Newsletter dan Email Marketing
Pernahkah menjumpai situs / landing page
yang mengundang kita untuk memasukkan alamat email?
Data email yang masuk itulah yang menjadi list building.
List building berguna bagi pemilik situs untuk mengirimkan newsletter
dan email marketing yang berupa penawaran, promosi produk terakhir, survei pelanggan, dll.
Semakin banyak list building kita, itu berarti dapat memperbesar kesempatan
mengubah pengunjung menjadi pembeli sehingga menignkatkan penjualan.
5. Mobile App
Marketing mobile sedang meningkat dan hal ini bisa menjadi alternatif.
Mempunyai situs yang user friendly kepada pengguna mobile merupakan suatu keharusan.
Apabila dilakukan dgn benar Mobile App merupakan salah satu cara utk mengingkatkan brand awareness.
6. Blog
Beberapa cara romosi diatas adalah berbayar,
apabila kita ingin 'tanpa berbayar' maka kita bisa mencoba dgn blog gratisan.
Tapi, Dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk promosi melalui blog.
Kita bisa membikin blog yang khusus mengulas postingan-postingan produk yang dijual,
blog ini hanya diperuntukan untuk review produk.
serta segala sesuatu yang berkaitan dengan info detail produk-produk yg ada.
7. Market Place
Tidak sedikit situs-situs market place yang bisa kita gunakan untuk media promosi dengan cara online,
selain gratis market place bisa menambah pengunjung toko online dan bisa menambah transaksi penjualan.
Contoh market place : Tokopedia, kaskus FJB (Forum Jual Beli), olx.co.id , bukalapak.com, dll.
8. Social Media
Selain Facebook ada jaringan sosial lain yg besar untuk mempromosikan toko online.
Yang terpenting dan patut dicoba diantaranya: Twitter, Pinterest, Instagram, Google+ dan LinkedIn.
Media sosial menjadi tren dan mulai banyak dipakai oleh beberapa kalangan,
ketenaran media sosial bisa digunkan sebagai sarana promosi toko online kita.
Untuk menghemat biaya promosi bisa dilakukan dengan cara gratisan.
Misalnya:
Membikin fanpage,
Sering update status mengenai produk yang dijual,
Bagikan testimoni pengguna produk,
Mengajak kawan-kawan untuk Artikel yg bermanfaat,
Bagikan juga video yg menarik, dll.
Ternyata,
Banyak sekali cara yg bisa dilakukan untuk memperkenalkan
produk kita kepada para calon pembeli terlebih kepada target market.
Tapi, kalau dilakukan semuanya
pasti butuh tenaga, biaya & waktu yang cukup banyak.
Oleh karena itu, Pilihlah media dimana target market banyak berkumpul.
Lalu Optimalkan dengan cara yg berbayar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar